Design

Design

Keamanan Sistem Operasi Jaringan

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !


Keamanan sistem operasi merupakan bagian masalah pada suatu keamaan sistem komputer dengan akses secara total yang telah menjadi bagian yang dapat meningkatkan kepentingannya sendiri.

Dalam jaringan komputer khususnya yang berkaitan dengan aplikasi yang melibatkan berbagai kepentingan akan banyak terjadi hal yang dapat mengganggu kestabilan koneksi jaringan komputer tersebut, baik yang berkaitan dengan hardware meliputi pengamanan fisik, sumber daya listrik maupun yang berkaitan dengan software yang meliputi sistem, konfigurasi, hak akses, dll.

Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak ada jaringan komputer yang benar-benar aman. Sifat dari jaringan adalah melakukan komunikasi. Setiap komunikasi dapat jatuh ke tangan orang lain dan disalahgunakan. Sistem keamanan membantu mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatkan antisipasi ketika jaringan berhasil ditembus.


Ada beberapa gangguan yang terjadi pada keamanan sistem operasi jaringan diantaranya yang paling banyak dikenal adalah:




§  Hacking
Berupa perusakan pada infrastruktur jaringan yang sudah ada, misalnya perusakan pada sistem dari suatu server

§  Phising
Berupa pemalsuan terhadap data resmi dilakukan untuk hal yang berkaitan dengan pemanfaataanya.

§  Deface
Perubahan terhadap tampilan suatu website secara illegal.

§  Carding
Pencurian data terhadap identitas perbankan seseorang, misalnya pencurian kartu kredit.

§  Sniffing
Suatu pemantauan elektronik terhadap jaringan digital untuk mengetahui password atau data lainnya. Ada beragam teknik sniffing atau juga dikenal sebagai eavesdropping, yakni: shoulder surfing (pengamatan langsung terhadap display monitor seseorang untuk memperoleh akses), dumpster diving (mengakses untuk memperoleh password dan data lainnya), digital sniffing (pengamatan elektronik terhadap jaringan untuk mengungkap password atau data lainnya).

§  Spam
Penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers.

§  Spoofing
Teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya.

§  SQL Injection
Jenis aksi hacking pada keamanan komputer di mana seorang penyerang bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem. SQL injection yaitu serangan yang mirip dengan serangan XSS dalam bahwa penyerang memanfaatkan aplikasi vektor dan juga dengan Common dalam serangan XSS.

§  DoS (Denial Of Service)
Jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internetdengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.

§  Social Engineering
Pemerolehan informasi atau maklumat rahasia/sensitif dengan cara menipu pemilik informasi tersebut. Social engineering umumnya dilakukan melalui telepon atau Internet. Social engineering merupakan salah satu metode yang digunakan oleh hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya.


§  Dll.

Jenis-Jenis Keamanan pada Sistem Operasi Jaringan
Jenis kejahatan komputer dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis. Mulai dari jenis yang sangat berbahaya sampai ke jenis kejahatan yang hanya membuat pengguna jaringan kesal. Oleh sebab itu, Sistem keamanan sangat diperlukan untuk  pengguna agar nyaman dan aman!

Sebuah jaringan komputer harus memiliki untuk menghindari berbagai macam serangan oleh para hacker/cracker. Bagi para administrator jaringan pun harus jeli dalam menggunakan jenis sistem keamanan yang digunakan.
Nah ada berbagai jenis keamanan yang anda harus ketahui diantaranya:


1.    Keamanan Fisik
Keamanan Fisik menfokuskan pada strategi untuk mengamankan pekerja atau anggota organisasi, aset fisik, dan tempat kerja dari berbagai ancaman. Jenis keamanan fisik termasuk juga akses orang ke gedung serta perlatan dan media yang digunakan. Keamanan fisik ini meliputi seluruh sistem beserta peralatan, peripheral, dan media yang digunakan. Misalnya: Wiretapping : merupakan jenis Physical security yang berhubungan dengan akses ke kabel atau komputer yang digunakan, Pada proses wiretapping, penyadapan melakukan proses pengambilan data yang ditransmisikan pada saluran kabel komunikasi dengan menggunakan sambungan perangkat keras. 
Denial of service : Denial Of`Service biasanya membanjiri jaringan tersebut dengan pesan-pesan yang sangat banyak jumlahnya. Secara sederhana Denial Of Service memanfaatkan celah lubang keamanan pada protokol TCP/IP yang dikenal dengan Syn flood, yaitu sistem target yang dituju akan dibanjiri oleh permintaan yang sangat banyak jumlahnya (Flooding), sehingga akses jaringan menjadi sibuk.
2.    Keamanan Data dan Media
Merupakan jenis keamanan yang berhubungan dengan kelemahan dari software yang digunakan untuk memproses dan megelola data. Kejahatan ini dilakukan oleh seorang yang tidak bertanggung jawab dengan memasang backdoor atau meyebarkan virus atau trojan, dll. sehingga orang tersebut mendapatkan password atau hak akses yang bukan miliknya.
3.    Keamanan Dari Pihak Luar
Memanfaatkan faktor kelemahan atau kecerobohan dari orang menggunakan jaringan tersebut (klien) ini merupakan salah satu tindakan yang diambil oleh seorang hacker maupun cracker untuk dapat masuk pada sistem yang menjadi targetnya. Hal ini biasanya disebut Social Engineering. Social engineering merupakan tingkatan tertinggi dalam dunia hacking.
4.    Keamanan jaringan
Biasanya memanfaatkan celah atau port yang terbuka dll. dan pengamanan jaringan adalah dengan menggunakan firewall atau pun proxy yang digunakan untuk mem-filter user yang akan menggunakan jaringan.
5.    Keamanan Otorisasi Akses
Otorisasi akses adalah penggunaan password atau kata sandi jika kita ingin mengakses sesuatu di jaringan. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan hanya user tertentu saja yang diperbolehkan untuk mengakses jaringan.
6.    Keamanan Proteksi Virus
Virus adalah sebuah metode penyerangan sistem komputer dengan menggunakan sebuah program yang dapat membuat sistem kacau dan mengalami kerusakan. Virus sendiri bisa diatasi dengan menginstall antivirus pada komputer dan selalu update databasenya yang terbaru agar virus kekinian biar kedetect oleh antivirusnya.
7.    Keamanan Dalam Operasi
Merupakan jenis keamanan jaringan yang berhubungan dengan prosedur untuk mengatur dan mengelola sistem keamanan. Makanya harus dibentu SOP (Standar Operasional Prosedur).


Algoritma Keamanan pada Sistem Operasi Jaringan

Pengertian Algoritma, adalah suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan masalah. Pada saat kita memiliki masalah, maka kita harus dapat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan langkah-langkah yang logis.

Beberapa macam algoritma diantaranya:

1. Algoritma Genetika (Genetic Algorithm, GA)

Algoritma Genetika pada dasarnya adalah program komputer yang mensimulasikan proses evolusi. Dalam hal ini populasi dari kromosom dihasilkan secara random dan memungkinkan untuk berkembang biak sesuai dengan hukum-hukum evolusi dengan harapan akan menghasilkan individu kromosom yang prima. Kromosom ini pada kenyataannya adalah kandidat penyelesaian dari masalah, sehingga bila kromosom yang baik berkembang, solusi yang baik terhadap masalah diharapkan akan dihasilkan. Algoritma genetika sangat tepat digunakan untuk penyelesaian masalah optimasi yang kompleks dan sukar diselesaikan dengan menggunakan metode yang konvensional. Sebagaimana halnya proses evolusi di alam, suatu algoritma genetika yang sederhana umumnya terdiri dari tiga operator yaitu: operator reproduksi, operator crossover (persilangan) dan operator mutasi.

2.    Divide and Conquer

Paradigma untuk membagi suatu permasalahan besar menjadi permasalahan-permasalahan yang lebih kecil.

3.    Dynamic programming

Paradigma pemrograman dinamik akan sesuai jika digunakan pada suatu masalah yang mengandung sub-struktur yang optimal dan mengandung beberapa bagian permasalahan yang tumpang tindih.

4.    Metode serakah

Sebuah algoritma serakah mirip dengan sebuah Pemrograman dinamik, bedanya jawaban dari submasalah tidak perlu diketahui dalam setiap tahap dan menggunakan pilihan "serakah" apa yang dilihat terbaik pada saat itu.

5.    Algoritma Greedy

ALgoritma greedy merupakan salah satu dari sekian banyak algoritma yang sering di pakai dalam implementasi sebuah system atau program yang menyangkut mengenai pencarian “optimasi” Di dalam mencari sebuah solusi (optimasi) algoritma greedy hanya memakai 2 buah macam persoalan Optimasi,yaitu: 1. Maksimasi (maxizimation) 2. Minimasi (minimization) Sekarang kita lanjut ke contoh soal yang aja ya..biar lebih enak membedakan antara soal mengenai optimasi/maksimasi dengan minimum/minimasi.

6.    Algoritma Dijkstra

Algoritma Dijkstra, (dinamai menurut penemunya, seorang ilmuwan komputer, Edsger Dijkstra), adalah sebuah algoritma rakus (greedy algorithm) yang dipakai dalam memecahkan permasalahan jarak terpendek (shortest path problem) untuk sebuah graf berarah (directed graph) dengan bobot-bobot sisi (edge weights) yang bernilai tak-negatif. Misalnya, bila vertices dari sebuah graf melambangkan kota-kota dan bobot sisi (edge weights) melambangkan jarak antara kota-kota tersebut, maka algoritma Dijkstra dapat digunakan untuk menemukan jarak terpendek antara dua kota. Input algoritma ini adalah sebuah graf berarah yang berbobot (weighted directed graph) G dan sebuah sumber vertex s dalam G dan V adalah himpunan semua vertices dalam graph G. Setiap sisi dari graf ini adalah pasangan vertices (u,v) yang melambangkan hubungan dari vertex u ke vertex v. Himpunan semua tepi disebut E. Bobot (weights) dari semua sisi dihitung dengan fungsi w: E → [0, ∞) jadi w(u,v) adalah jarak tak-negatif dari vertex u ke vertex v. Ongkos (cost) dari sebuah sisi dapat dianggap sebagai jarak antara duavertex, yaitu jumlah jarak semua sisi dalam jalur tersebut. Untuk sepasang vertex s dan t dalam V, algoritma ini menghitung jarak terpendek dari s ke t.

7.    Algoritma Kriptografi

Algoritma kriptografi atau cipher , dan juga sering disebut dengan istilahsandi adalah suatu fungsi matematis yang digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi (Schneier, 1996). Ada dua macam algoritma kriptografi, yaitu algoritma simetris (symmetric algorithms) dan algoritma asimetris(asymmetric algorithms).

8.    Algoritma Random

Algoritma random sering dibutuhkan ketika membuat AI untuk musuh, misalnya untuk memunculkan pasukan musuh secara random. fungsi sederhana berikut ini digunakan untuk mencari nilai random dari bilangan antara min – max. var a = Math.floor(Math.random() * (max – min + 1)) + min; misalnya min = 1 dan max = 10, maka akan menghasilkan nilai random pada var a pada kisaran 1-10.



Pertanyaan :

Kelas XII TKJ 1, XII TKJ 2, XII TKJ 3, XII TKJ 4

"Dari beberapa gangguan / serangan jaringan di atas, mana yang menurut anda yang paling disukai. jelaskan alasannya ?"

Tulis jawabannya di kolom komentar di bawah ini, dan tuliskan nama dan kelas anda.
Pertanyaan harus sudah dijawab sebelum waktu selesai atau maksimal sampai 10 Agustus 2017 jam 24.00 WIB. Terima Kasih



Sumber : elisiarahayu13.blogspot.co.id, www.sibro21.org

Author:

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

95 comments:

  1. NAMA:asep wibowo
    KELAS: X11-TKJ1

    Sistem hacking yang sangat saya sukai adalah sistem hacking DEFACE karena si cracker bisa merubah web site orang lain maupun lembaga pemerintah yang bertujuan untuk mencari kesenangan tanpa menguras sumber daya nya, dengan memalsukan ip komputer kita agar tidak diketahui oleh server... :D

    ReplyDelete
  2. Nama : Dandi Rustandi
    Kelas. : XII TKJ 1

    Sistem hacking yang saya sukai adalah phising karena saya bisa mengetahui email dan password seseorang bila terjebak dengan websitenya yang telah kita buat. :-)

    ReplyDelete
  3. Nama : dini andini
    Kelas : XII-TKJ 2

    -DOS

    Jenis serangan ini menurut saya sangat keren karena bisa menyerang komputer orang lain dan menghabiskan bahkan mengunci akses pengguna komputer tersebut :v

    ReplyDelete
  4. Siti Nur Aisyah
    XII TKJ 4


    Spoofing
    Teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya.

    Suka yang ini pa soalnya cara kerjanya lucu kerjaannya php doang jadi inget yang dulu2

    ReplyDelete
  5. Nama : winny oktaviana putri
    Kelas : Xll-tkj4
    Hacking karena dengan cara perusakan pada infrastruktur kepaada data yang sudah ada, itu serangan yang sangat menyerang 😂

    ReplyDelete
  6. Nama :Sofia Yuspita Sari
    Kelas :XII TKJ 4
    DOS
    Karna bisa mengerang pengguna lain bahkan sampai pengguna nya tidak dapat menjalankan fungsi nya dengan benar

    ReplyDelete
  7. Nama : Tatang Saepulloh
    Kelas :xll-tkj-4

    ReplyDelete
  8. Nama : Tatang Saepulloh
    Kelas :xll-tkj-4

    ReplyDelete
  9. Nama :Tatang Saepulloh
    Kelas :xll TKJ 4
    Karena dengan cara sistem pencurian itu bisa memudahkan meng hacking komputer lain

    ReplyDelete
  10. Nama: Rinrin karmila
    Kelas: XII TKJ 4
    Sniffing karena cara kerja serangan ini mengamati jaringan digital untuk meretas informasi yg kita inginkan

    ReplyDelete
  11. Nama :Rizki Firmansyah
    Kelas : Xll-tkj-4
    DOS
    Karena bisa menyerang komputer lain dengan cepat dan sampai komputer yang di gunakan tidak bisa berjalan dengan lancar

    ReplyDelete
  12. Nama : Rangga Mulya Nugraha
    Kelas : XII TKJ 4

    Saya suka phising karena seakan akan dia meretas situs resmi menjadi situss dia sendiri dan bisa mengacak" situss atau data tersebut. 👍👍

    ReplyDelete
  13. nama : yoga m.j.f
    kls : XII TKJ 4

    Sistem hacking yang saya sukai adalah sniffing karena saya bisa mengetahui email dan password seseorang..:)

    ReplyDelete
  14. Nama:Siti Nurhaeni
    kelas:XII-TKJ4
    Menurut saya DOS(Denial of service) karena serangan pada sistem menghabiskan resource pada sistem,sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar


    Maaf pak pake akun winny hhe

    ReplyDelete
  15. Nama : Rizkhan Febrian R
    Kelas : XII - TKJ 4

    Saya menyukai (Sniffing) karena cara kerja nya asik:v, disana kita bisa memantau langsung (atau yang dikenal sebagai eavesdropping, yakni: shoulder surfing (pengamatan langsung terhadap display monitor seseorang untuk memperoleh akses nya, dan kita bisa mengetahui data-data orang tersebut.) :)

    ReplyDelete
  16. Nama:Tita lestari
    Kelas:XII tkj 4

    Social engineering karena jenis serangan ini bisa untuk memperoleh informasi tentang targetnya dengan cara menipu melalui telepon atau internet

    ReplyDelete
  17. Nama:Rifky Rodlyan
    Kelas :Xll-tkj 4

    Sniffing
    serangan ini menurut saya sangat bagus, karna si penyerang bisa mengetahui password dan data/file yang ada di dalam komputer yang di serang, dan bisa masuk kapan saja dengan bebas karna sudah mengetahui username dan password-nya.

    ReplyDelete
  18. Nama :Riki Adriyanto
    Kelas : Xll-tkj-4
    Hacking
    Sistem hacking yang saya sukai bisa mengetahui email atau password seseorang yang terjebak dengan websitenya yang telah kita buat

    ReplyDelete
  19. Nama :sinta febriyanti
    Kelas :Xll tkj 4

    Dos karena jenis serangan ini dapat menyerang komputer orang lain dan serangan ini tidak dapat menjalankan tugas nya dengan baik sehingga si pengguna tidak dapat mengakses ke layanan tersebut

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Nama:Wahyu Ilham Maulana
    Kelas:XII TKJ

    -DoS (Denial Of Service)

    Saya Menyukai Serangan Ini Karena Serangan Ini Membuat Bingung Dan Membuat Kesal Yg Terkena Karena Menyebabkan Lambat Karena Saking Banyaknya Akses Atau Resource...

    ReplyDelete
  22. Nama : Via Gian Pastawan
    Kelas : XII TKJ 4

    Hacking saya suka karena orng tersebutt bisa merusak server perusahaan.

    ReplyDelete
  23. Nama : Rizal Azka P
    Kelas : XII - TKJ 4

    Saya menyukai (Carding) karena ia dapat memalsukan identitas orang lain dan bisa merusak citra orang yang diretas

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Nama : Ilham Maulana Yusuf
    Kelas : XII-TKJ 2

    Menurut saya Phising karena dibalik kita mengetahui informasi tentang seseorang,Kita juga bisa mempermainkan ataupun mengubah informasi tentang seseorang/akun tersebut :v

    ReplyDelete
  27. Nama : Risma Ari Kurniawati
    Kelas : XII TKJ 4

    Social engenering
    Karena bisa mengambil suatu data melalui internet

    ReplyDelete
  28. Nama : Rena Arini
    Kelas: XII TKJ 4

    -Sniffing

    Karena bisa mengetahui password atau data lainnya...

    ReplyDelete
  29. Nama : Riri Ismayanti
    Kelas: XII TKJ 4

    -DoS (Denial Of Service)

    Karena si hacker secara tidak langsung dapat mengganggu pengguna dalam mengakses informasi dalam suatu komputer atau server yg menjadikannya lambat.

    ReplyDelete
  30. Nama : Rani sandrani
    Kelas : XII tkj 4
    .
    Saya lebih menyukai serangan deface . karena dapat merubah tampilan pada website .

    ReplyDelete
  31. Nama : Rini Sulastri
    Kelas : XII TKJ 4
    Sniffing
    Karena bisa melihat email/data yang lain. Sehingga memudahkan mencari informasi data yang lain

    ReplyDelete
  32. Nama : Yusie Santika
    Kelas : XII TKJ 4
    Sniffing
    Karena bisa mengetahui data-data pribadi atau informasi pribadi si pengguna

    ReplyDelete
  33. Nama : Dede Muman
    Kelas : XII TKJ 2

    #Carding

    Karena saya bisa Pencurian data terhadap identitas perbankan seseorang, misalnya pencurian kartu kredit dan kartu ATM. Dan saya bisa memasukan saldo yang ada di kartu kredit atau ATM tersebut ke kartu kredit atau ATM yang kosong dan saya bisa belanja menggunakan kartu kredit orang lain,dan saya bisa menguras saldo ATM orang lain jhahahahahah😂dan saya bisa menjadi orang kaya😂

    wassalam

    ReplyDelete
  34. Nama : Edwin Dwi Oktavian
    Kelas : XII TKJ 2

    Menurut saya teknik yang paling menarik adalah Deface, Sniffing dan DoS. Karena, serangan deface dapat menyerang siapa saja yang memiliki web site, web tersebut dapat di ubah tampilan nya seakan web itu milik sendiri.
    Kemudian sniffing, trik ini sangat membahayakan bagi media sosial yang ada, terlebih jika pengguna media sosial itu adalah account besar (perusahaan, sekolah, bisnis, dll).
    Kemudian teknik yang terakhir adalah DoS, terbayang jika server pemerintahan (kementrian, kepolisian, dll) diretas menggunakan teknik dos ini maka server tersebut akan error dan mungkin aktifitas2 yang biasa nya normal tidak bisa di akses ��

    ReplyDelete
  35. Nama : Indra Bayu
    Kelas : XII TKJ 2


    saya lebih suka sosial engineering karena dapat memperoleh data rahasia dengan mudah dengan cara menipu pemilik data tersebut

    ReplyDelete
  36. Nama :Dini agustina
    Kelas :XII TKJ 2

    serangan sniffing adalah serangan yang saya sukai,karena dengan serangan ini kita bisa menembus password dan data orang lain.Dan juga kita bisa mengtest apakah jaringan tersebut kuat keamanannya atau lemah.

    ReplyDelete
  37. Nama:deden solehudin
    Kelas: XII tkj 2

    Phising
    Karena pemalsuan data resmi dan berkaitan dengan pemanpaatannya

    ReplyDelete
  38. Nama: Gilang Ramadhan
    Kelas: XII TKJ-2

    # SPAM

    Karena saya menyukai dengan alesan spam itu bisa membantu dan memberi tahukan berita secara bertubi-tubi dengan tidak perlu mengetahui email orang lain.

    ReplyDelete
  39. NAMA : ERIKA OKTAVIANI
    KELAS : XII TKJ 2

    serangan yang paling saya suka CARDING,karena serangan ini bisa mencuri data dari kartu kredit,woah itu bisa sangat menguntungkan bagi si penyerang ��

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Nama : Citra sonia dewi
    Kelas :XII TKJ 1

    Serangan yang saya sukai adalah social engineering ,karena dengan serangan itu kita bisa memperoleh informasi atau maklumat rahasia/sensitif dengan cara menipu pemilik informasi tersebut,jadi kita bisa mengetahui username dan password akun orang tersebut.
    Dan saya juga suka serangan carding,karena serangan ini bisa mencuri data terhadap identitas perbankan seseorang,misalnya pencurian kardu kredit,jadi bisa dengan cepat mendapat uang (walaupun haram)

    ReplyDelete
  43. Nama : herni endang s
    Kelas :XII TKJ 2

    SPAM
    Karena serangan ini bisa mengirim banyak iklan kepada orang lain, salah satunya lewat email

    ReplyDelete
  44. Nama:Ranti Rosdiani
    Kelas:XII TKJ 4

    Carding
    Karena dapat mencuri data terhadap identitas perbankan seseorang.

    ReplyDelete
  45. Nama:Santi Rahayu
    Kelas:XII TKJ 4

    Spoofing
    Karena teknik ini memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan identitas pengguna.

    ReplyDelete
  46. Nama:Siti Hajar
    Kelas XII TKJ 4

    Hacking
    Karena dapat merusak infrastruktur jaringan yang sudah ada.

    ReplyDelete
  47. Nama : erva erviana
    Kelas : XII TKJ 2

    Deface,karena kita bisa mengubah website oranglain sesuka hati kita secara ilegal

    ReplyDelete
  48. Nama: ineu agustina
    Kelas: XII tkj 2

    DoS
    Karena menurut saya ini paling menarik untuk di lakukan soalnya si penyerang bisa mempunyai akses layanan komputer sendiri dam mencegah pengguna lain untuk dapat akses yang sama

    ReplyDelete
  49. Nama:Elen Suminten
    Kelas:XII TKJ 2

    CARDING,karena kita bisa mencuri data terhadap identitas perbankan seseorang

    ReplyDelete
  50. Nama :Hendra darmawan
    Kelas:XII Tkj 2

    Deface
    Karena kita bisa merubah tampilan dari suatu website,contohnya yang terjadi dengan website Telkomsel.

    ReplyDelete
  51. Nama : Fani Fatimah Kahfi
    Kelas : XII TKJ 2

    jenis yang paling saya suka adalah Carding dan Social Engineering. karena dengan serangan jenis ini (Carding) kartu kredit kita akan terisi penuh uang dari hasil mencuri data terhadap identitas perbankan seseorang, itu sih bisa lebih menguntungkan untuk penggunanya (walaupun sebenarnya dalam islam mencuri itu di haramkan). dan serangan jenis Social Engineering aku suka sekali jenis ini karena dengan jenis ini kita bisa memperoleh informasi rahasia dengan cara menipu pemilik informasi tersebut. menurutku jenis ini, very amazing karena kita bisa memperoleh informasi tentang si target apalagi untuk mencari informasi rahasia tentang perusahaan musuh kita yang sedang berkembang pesat.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  52. Nama :Hadi putra kurnia rahmat
    Kelas:XII TKJ 2

    Carding:karena saya bisa mencuri data identitas perbankan orang lain, misalnya pencurian kartu kredit..

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Nama : Ratna Solehat
    Kelas : XII TKJ 4

    Deface, karena menurut saya deface itu adalah suatu permainan yang sangat menyenangkan buat saya yaitu dengan mengubah tampilan sesuka hati.

    ReplyDelete
  55. Nama :Edi
    Kelas:XII Tkj 2

    Saya suka dengan Carding Karena dapat mencuri data terhadap identitas seseorang.

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Menurut saya Deface karena dengan cara kerjanya yang unik merubah tampilan website seseorang dengan bebas

    ReplyDelete
  58. Nama : Fani Nur Wulandari
    Kelas : XII TKJ 2

    serangan yang paling saya sukai adalah Carding, karena serangan ini bisa mencuri data dari kartu kredit, sehingga kartu kredit kita akan terisi penuh dari hasil mencuri data perbank an

    ReplyDelete
  59. Nama: Silpiana irawan
    Kelas XII TKJ4

    Carding: karena bisa mencuri atau mengambil identitas orang

    ReplyDelete
  60. Nama : setia hadi
    Kelas : XII TKJ 4

    -DEFACE
    Saya menyukai ini, karena kemampuannya untuk merubah tampilan sebuah website sangat menarik

    ReplyDelete
  61. Nama : Intan Fauzaniah
    Kelas : XII TKJ II

    Sniffing , Karena menurut saya dengan cara tekhnik sniffing saya dapat mengetahui password orang lain secara mengacak . Sehingga saya dapat membajak akun dan password orang tersebut dengan sesuka hati saya :v

    #KarenaSniffingSegalanyaBuatSaya :v

    ReplyDelete
  62. Nama : ilham
    Kelas : XII TKJ 2

    -phising

    Karena phising ini adalah salah satu cara hack yang paling hebat dan orang lain pun bisa terkecoh olehnya . Apalagi sosmed adalah incaran yang hmpir sering kena phising contoh nya instagram. Banyak orang yg mencari cara agar bisa mendpatkn follower bnyk dngn brbagai cara curang ini namun nyata nya tak semua orang berhasil karena situs yg mereka gunakan adalah situs/blog palsu yg memindahkan semua data dan alamat email atau password mnjdi milik si phising dan akhirnya aku itu di hack oleh phising .Akun yang banyak follewer nya atau selebgram dan juga tidak pun bisa terkena phising ini karena adanya bujukan atau tawaran orang lain untuk mengajak mereka menjadi endorse atau menambh follower lalu akun tersebut di tujukan ke website atau blog palsu itu untuk mengisi log in .nama & password dan akhirnya akun mereka terkena phising. :'v

    #curhat��

    Wasallam...

    ReplyDelete
  63. Nama : Dandi Jaelani
    Kelas : XII TKJ I

    Dari beberapa serangan atau gangguan yang saya ketahui , saya lebih menyukai serangan Social Engineering karena Serangan tersebut saya dapat memperoleh semua informasi atau semua rahasia/sensitif dengan cara menipu pemilik informasi tersebut .

    #Maaf tapi saya bukan orang penipu :v :g

    ReplyDelete
  64. Nama : Indri Anggraeni Lestari
    Kelas : XII Tkj 2

    Sistem hacking yang saya sukai yaitu phising karena saya bisa tau email dan pasword nya orang lain ketika mereka terjebak pada website yang kita buat.

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Nama: Dea sri aisyah
    Kelas: XII tkj 2

    Pishing
    Karena saya bisa mengetahui email dan passwoed seseorang jadi saya bisa ngehack website seseorang:)

    ReplyDelete
  67. Nama: dita elvira damayanti
    Kelas: xii tkj 2

    Carding
    Karna carding bisa mencuri uang seseorang dari tabungan atau kartu kredit seseorang yg memakai alat dan ditempel ke kertas dan bisa menghasilkan uang
    Sekian dan terimakasih wassallammmmmm

    ReplyDelete
  68. Nama : Elsa Triana
    Kelas : XII TKJ 2
    Saya lebih suka sniffing,terutama dumpster diving soalnya bisa tau email dan password akun seseorang yang kita jebak

    ReplyDelete
  69. Nama dian yunarto XII TKJ 2

    Lebih suka sql injection karena bisa mendapatkan akses ke basis data dalam sistem Serangan ini akan seolah-olah datang dari situs tersebut.

    ReplyDelete
  70. Nama : Afriani Nur Afifah
    Kelas : XII TKJ 1

    Saya lebih suka sama serangan DOS, karena serangan ini menghabiskan sumber yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar

    ReplyDelete
  71. assalamualaikum wr.wb
    dari pertanyaan di atas saya lebih suka Carding
    Pencurian data terhadap identitas perbankan seseorang yang kerjanya MENCURI UANG kartu kredit orang lain dan kalau menjadi carding tidak perlu mencopet pa itu resikonya besar:v
    terimakasih
    wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  72. Nama : Dewi Hapitia
    Kelas : XII TKJ 2

    SNIFFING
    karena sniffing bisa mengetahui semuanya termasuk password dan data lainnya. ada juga beragam sniffing atau juga dikenal eavesdropping yaitu shoulder surfing,dumpster diving, digital sniffing. Maka dari itu saya sgt menyukai gangguan/serangan sniffing.

    ReplyDelete
  73. Nama : Indi Nurhayati
    Kelas : XII TKJ 2

    DOS (Denial Of Service)
    Karena saya bisa membuat koneksi jaringan komputer lain tidak bisa berjalan dengan benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: rizki dwi septian
      Kls : XII tkj4

      Phishing
      Phishing adalah tindakan untuk mendapatkan informasi pribadi seseorang secara tidak sah.

      Delete
  74. Nama : Fauzan Rizqi Ramadhan
    Kelas: XII - TKJ 2


    saya lebih suka carding, sebab kita bisa mendapat uang... :v

    ReplyDelete
  75. Nama Fitri Afrianti
    Kls XII TKJ2

    Spam
    Karena bisa mengirim iklan bertubi tubi tanpa di minta , menimbulkan ketidak nyamanan bagi para pengguna situs web

    ReplyDelete
  76. NAMA : FIRMAN PURNAMA SIDIK
    KELAS : XII-TKJ 2

    Saya lebih suka spoofing karena teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi, dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya. Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang hacker/ cracker😎😎

    ReplyDelete
  77. NAMA:GIGIN AHMAD GINANJAR
    KELAS:XII TKJ 2

    DEFACE

    saya lebih suka teknik ini karena saya bisa membuat halaman website ilegal untuk mendapatkan username dan password orang lain tanpa di ketahui oleh user.

    ReplyDelete
  78. NAMA : HEGAR KAPRIATNA
    KELAS : XII-TKJ 2

    Saya lebih memilih Hacking karena kegiatan ini bisa menerobos program komputer milik orang/pihak lain. Hacker adalah orang yang gemar ngoprek komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanan (security)-nya. Hacker memiliki wajah ganda; ada yang budiman ada yang pencoleng tapi kalo aku sih wajah budiman😂😂

    ReplyDelete
  79. Nama : Fitri Oktaviani
    Kelas : XII Tkj 2

    Spam.
    Karna saya bisa mengirim berita secara bertubi tubi tanpa diminta, sehingga bisa menimbulkan virus. Karna spam saya bisa mengganggu ketidak nyamanan bagi para pengguna situs web.

    ReplyDelete
  80. Nama :Atin Sumiati
    Kelas : XII TKJ 1

    Sebenarnya saya tidak menyukai semua serangan itu karena dapat merugikan orang yang di serangnya kasian gtuh pa :D tapi kalo milih saya lebih suka spoofing karena Teknik yang digunakan dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya :)

    ReplyDelete
  81. NAMA : EGI PUJIYANSAH
    KELAS : XII TKJ 2

    CARDING
    Saya suka teknik ini karena bisa, mengambil password serta No Rek. orang lain dan mendapatkan keuntungan pribadi tanpa ada yang mengetahui
    makasih
    wassalam

    ReplyDelete
  82. Nama:yuli fitria hamansyah
    Kelas:Xll tkj 4
    Hacking yang saya suka adalah phising karena bisa mengetahui email dan password seseorang bisa saya jebak

    ReplyDelete
  83. Nama : Rini Nuraeni
    Kelas : XII TKJ 4

    Spoofing, karena menurut saya spoofing adalah serangan jaringan yg sangat unik karena dia bisa berpura-pura sebagai hostnya dan memalsukannya sehinga para pengguna dibuat keliru akan tipuannya

    ReplyDelete
  84. Nama : Rahayu putri utami
    Kelas : XII TKJ 3

    Saya lebih menyukai phising karena dengan cara phising kita dapat memalsukan data-data resmi

    ReplyDelete
  85. Nama :Alwi yahya
    Kelas :XII TKJ 1

    carding
    Karena bisa mengambil identitas orang dan juga bisa mencuri kartu kredit

    ReplyDelete
  86. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  87. Nama : Ilham Maulana
    Kelas : XII TKJ 2

    -Deface-
    Karena deface merupakan sebuah serangan yang dilakukan untuk mengganti visual dari sebuah website. Dan kita juga bisa meninggalkan pesan pada website korban, contohnya kita meninggalkan pesan ke website kem*ndikbud "kurikulum 2013 enak ya, berangkat sunrise pulang sunset" xD

    ReplyDelete
  88. Nama : Novita Lia Nurilam Sari
    Kelas : xii TKJ 3
    .
    Dari beberapa gangguan atau serangan jaringab diatas yang paling di sukai adalah :
    .
    Social engineering.
    .
    Karena serangan social engineering terlihat mudah dilakukan dan banyak orang-orang pada jaman sekarang mudah tertipu bahkan tergiur dengan iklan, dengan menggunakan telepon atau internet, seseorang bisa menjadi hacker di bagian social engineering ini, karena pada umumnya orang-orang yang ada di dunia ini lebih sering menggunakan aktifitasnya di internet atau sosial media (facebook, dll). Mungkin siswa/i lulusan smk bahkan lulusan smp pun bisa melakukannya, karena caranya juga sudah banyak tersebar di website.:)🍃

    ReplyDelete
  89. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  90. Nama : Fajar Yusup
    Kelas:XII TKJ 2
    Gangguan yang saya suaki adalah .

    DOS
    Denial of service attack
    Jenis serangan ini cukup keren .
    Karena bisa mengendalikan system digital dari jarak jauh
    Seperti contoh dari film fast and fourius 7 seorang hacker/craker yang mengendalikan mobil,cctv,dan system sebuah gedung .dari pesawat dan jarak yang jauh .
    Menurut saya ini impossible tapi nyata

    ReplyDelete
  91. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  92. Nama: denden helmy.
    Kelas: XII TKJ 2

    SQL Injection
    Jenis aksi hacking ini dimana seorang penyerang bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem . SQL injection yaitu serangan yang mirip dengan serangan XSS dalam bahwa penyerangan memanfaatkan applikasi vektor dan juga dengan common dalam serangan XSS

    ReplyDelete
  93. Nama: denden helmy.
    Kelas: XII TKJ 2

    SQL Injection
    Jenis aksi hacking ini dimana seorang penyerang bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem . SQL injection yaitu serangan yang mirip dengan serangan XSS dalam bahwa penyerangan memanfaatkan applikasi vektor dan juga dengan common dalam serangan XSS

    ReplyDelete
  94. Nama : ilham
    Kelas : XII TKJ 2

    -phising

    Karena phising ini adalah salah satu cara hack yang paling hebat dan orang lain pun bisa terkecoh olehnya . Apalagi sosmed adalah incaran yang hmpir sering kena phising contoh nya instagram. Banyak orang yg mencari cara agar bisa mendpatkn follower bnyk dngn brbagai cara curang ini namun nyata nya tak semua orang berhasil karena situs yg mereka gunakan adalah situs/blog palsu yg memindahkan semua data dan alamat email atau password mnjdi milik si phising dan akhirnya aku itu di hack oleh phising .Akun yang banyak follewer nya atau selebgram dan juga tidak pun bisa terkena phising ini karena adanya bujukan atau tawaran orang lain untuk mengajak mereka menjadi endorse atau menambh follower lalu akun tersebut di tujukan ke website atau blog palsu itu untuk mengisi log in .nama & password dan akhirnya akun mereka terkena phising. :'v

    #curhat��

    Wasallam...

    ReplyDelete

 
Copyright ©2017 Digital Marketing Tutorial • All Rights Reserved.